Cari Blog Ini

Senin, 13 Mei 2013

Nasib Artis Korea Utara Ditengah Gempuran Seleb Korea Selatan



Seperti yang diketahui, nasib negara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) bagaikan dua sisi magnet yang berbeda. Korut yang lebih banyak mengedepankan harga diri bangsa lewat jalur politik, berlawanan dengan Korsel yang memilih keseimbangan antara dunia politik dan hiburan. Korsel lebih meyakini, Hallyu Wave yang tercipta dari industri hiburan juga bisa mengangkat martabat bangsanya di mata dunia. 

Prinsip Korsel itu tak sepenuhnya salah, mengingat saat ini Hallyu Wave sudah menjamur di seluruh dunia, tak terkecuali benua Amerika dan Eropa. Melihat fenomena itu, para selebriti Korut pun harus memutar otak jauh lebih keras jika ingin laku dan dikenal orang banyak. 

Radio Free Asia (RFA), sebuah organisasi non-profit yang menjalankan sebuah stasiun radio dan internet, baru-baru ini mengumumkan jika para artis Korut telah "disingkirkan" alias tidak laku karena gempuran artis Korsel. Apalagi saat ini banyak film dan serial Korsel yang menjamur di Korut. Semua film, serial serta album artis Korsel dinilai lebih bermutu daripada hasil karya lokal. 

"Aku tidak tahu apa saja lagu atau film yang dirilis Korut," kata seorang warga Korut. "Hanya ada sekitar tiga atau empat film lokal yang diproduksi per tahunnya. Tapi begitu banyak film Korsel yang masuk dan diputar di bioskop sini. Tidak ada yang mempedulikan film Korut." 

Selain itu, industri musik Korut juga bisa dikatakan "memprihatinkan". Banyak netter yang tidak mengerti dengan jalan pikiran pada sutradara video musik Korut. Menurut mereka, para sutradara ini kurang mengedepankan ciri khas era modern sekarang, serta masih bersifat tradisional. Dengan kata lain, para sineas dan musisinya masih miskin kretifitas. 

"Semua lagu, termasuk yang baru, selalu dikaitkan dan memuji Kim Jong Il (Presiden Korut)," keluh seorang netter Korut. "Tidak ada yang ingin mendengarkan lagu-lagu itu."

Berikut ini salah satu video musik buatan Korea Utara. Bagaimana menurut Anda? 

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=HFGpMNOOtfM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan untuk menyampaikan komentar kalian, karena dengan komentar kalian dapat mmbantu memperbaiki kesalahan.


terima kasih :)